Endah Rekna

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Perlu Alasan untuk Belajar

Perlu Alasan untuk Belajar

Apa yang membuat kita mau berusaha dengan gigih untuk meraih sesuatu? Banyak hal yang bisa menggerakkan kita untuk bersungguh-sungguh mengerjakannya. Karena takut, kita bisa bersungguh-sungguh melakukan sesuatu agar terhindar dari bahaya yang mengancam. Karena tekanan, kita bisa beetahan untuk melakukan apa yang kita sukai. Atau karena suka, kita lupa waktu bahwa malam sudah beranjak mendekati pagi, kita masih asyik membuka-buka buku yang sudah tiga atau empat kali kita nikmati.

Sebagaimana kita, anak-anak melakukan sesuatu juga karena alasan. Harus ada yang menjadi penggerak, sebuah alasan mengapa ia harus melakukan sesuatu dan mewujudkan tujuannya. Jika anak-anak memiliki alasan yang kuat untuk belajar, maka usaha untuk membuat mereka belajar akan mendorong mereka lebih bergairah menyerap ilmu. Keterampilan belajar kita bangun sesudah sikap belajar tumbuh dalam diri anak didik kita. Sikap belajar yang positif akan membangkitkan antusiasme. Inilah yang menjadikan anak senang belajar. Mereka belajar karena mereka ingin melakukannya. Bukan karena ancaman.

Kuatnya keinginan terhadap ilmu mendorong kita untuk lebih bersemangat memahami, mengkaji dan mewujudkan. Bukan sekedar mengingat sesaat dan tak berselang lama sudah lupa kembali.

Agaknya, ada yang perlu kita fikirkan terkait dengan pendidikan anak-anak di sekolah. Ada alasan yang perlu kita bangun dalam diri anak-anak kita untuk belajar lebih serius, lebih gigih dan lebih bersemangat. Sebuah alasan yang benar-benar mendasar.

Bagaimana.....?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ada alasanya, niatkan belajar karena Allah sebagai jalan menuntut ilmu karena menuntut ilmu adalah kewajiban agama, salam kenal dan salam literasi

07 Aug
Balas

Wa'alaikum salam wr wb Benar Bapak itu alasan yang paling hebat untuk mendasari kita dan anak untuk belajar. Salam kenal kembali, dan salam litetasi

08 Aug
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali